Acara Santri Super Camp (SSC) ke 4 Pesantren TEI Multazam Berjalan Sukses

Para Santri Peserta SSC-4 Mencapai Puncak Kawah Ratu
Bogor - Acara Santri Super Camp ke 4 (SSC-4) Pesantren Tahfizh dan Ekonomi Islam MULTAZAM berjalan sukses dan tanpa kendala. Alhamdulillah. Acara yang berlangsung 3 (tiga) hari dari tanggal 5 hingga 7 Januari 2022 tersebut berlokasi di Gunung Bunder - Gunung Salak Bogor Jawa Barat.

Sehari sebelumnya, yakni tanggal 4 Januari, para santri peserta SSC-4 sudah berdatangan di Pesantren. Esok paginya sekitar pukul 06.00 wib mereka berangkat menggunakan 12 unit mobil tronton Brimob menuju Gunung Bunder, tempat lokasi kemah.

Peserta Santri Putri di Kawah Ratu
Acara yang diikuti oleh santri kelas 9, 10 dan 11 ini dibuka oleh Pengasuh Pesantren TEI Multazam KH. Muhammad Jamhuri pada Kamis 5 Januari pukul 14.00. Selanjutnya diisi dengan materi "Leadership" (Kepeminpinan) oleh Kepala Madrasah Aliyah, Ustadz H. Munawar, SE yang diselingi beberapa game yang membuat para santri bergembira dan antusias mengikutnya.

Selanjutnya, para peserta diberikan materi Ma'rifatul Maidan (pengenalan tentang lokasi). Malamnya diadakan shalat tahajjud (qiyamullail) dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Hari kedua (Jumat 6 Januari) para santri mengikuti kegiatan Outbond dengan aneka ragam latihan dan permainan yang membuat mereka ceria dan berkompetisi antara kelompok dan regu-regunya. Mereka juga diberi materi tentang Tanggung Jawab Kepada Lingkungan dan Kaitannya dengan Perintah Agama Dalam Mencintai Alam.

Hari ketiga (Sabtu 7 Januari) para santri melakukan Long March menuju Kawah Ratu Gunung Bunder yang berjarak 4 km dari Basecamp mereka. Pukul 13.30 acara ditutup oleh Pengasuh Pesantren. Para peserta dan panitia bersyukur kepada Allah swt kareba sepanjang acara, cuaca di lokasi sangat cerah dan bersahabat sehingga tidak ada kendala berarti selama kegiatan SSC-4. 

Sebagai informasi, acara SSC-4 ini merupakan acara rutin dua tahun sekali. Namun sejak adanya pandemi Covid-19 acara ini sempat dihentikan dan SSC-4 ini adalah untuk pertama kali dibuka setelah Covid-19 melandai. 

Para santri peserta SSC-4 sangat antusias dengan acara ini. Bahkan saat dialog pengasuh dengan para peserta, mereka meminta acara seperti ini hendaknya diadakan setiap tahun. 

Sebelumnya, sebagian orang tua santri mengkhawatirkan akan cuaca hujan yang terus menerus beberapa hari menjelang acara. Namun alhamdulillah, berkat doa semua pihak, baik para santri, guru dan wali santri, cuaca di lokasi acara cerah. Bahkan ada warga berkomentar, "Sebelumnya di sini hujan terus nih pak, tapi alhamdulillah sepanjang adik-adik di sini tidak turun hujan." Oleh sebab itu dalam sambutannya, Pengasuh Pesantren menyampaikan, "Ini adalah kedahsyatan dari roá-doá yang dipanjatkan oleh semua pihak, baik santri, guru dan para wali santri." Ujar Muhammad Jamhuri dalam sambutan penutupan acara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar