Dialog Dengan Sekolah Alam "School of Universe"

Bogor - Pesantren Terpadu Ekonomi Islam Multazam mengadakan kunjungan ke Sekolah Alam School of Universe (SoU) Parung dalam rangka menggali model dan sistem sekolah tersebut. Kunjungan diadakan pada  Senin 27/8/12 dan disambut oleh bu Sri. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan dari staff School of Universe mbak Anisa. Sedangkan direktur sekolah Pak Lendo belum bisa menerima karena kesibukannya yang sedang sedang rapat dengan wali murid

Namun, pada Ahad 2/9/12 direktur School of Universe melakukan kunjungan balasan ke Pesantren Terpadu Ekonomi Islam Multazam di Rumpin. Kedatangannya yang ditemani teman karibnya Badrul Ulum disambut oleh pengasuh pesantren Multazam KH. Muhammad Jamhuri.

Dalam dialog antara kedua pihak tersebut diambil beberapa kesimpulan:
1. Negera Indonesia masih minim melahirkan pada enteprenur, sehingga perlu format pendidikan yang dapat melahirkan para enterpreneur yang dibekali iman dan akhlak

2. Banyak sekolah bisnis dan universitas bisnis tidak melahirkan para pengusaha, mereka hanya melahirkan manajer. Hal itu disebabkan karena sistem pendidikan yang lebih konsentrasi kepada pendekatan teori dan kurangnya praktek.

3. Setelah dikaji, ternyata para enterpreneur lahir dari praktek, seperti halnya bangsa Cina, suku Padang, dan lebih dekat lagi ; pribadi Rasulullah saw. Mereka menjadi pengusaha karena sejak kecil sudah diajarkan praktek berbisnis.

4. Banyak pengusaha lahir tanpa bimbingan akhlak dan ilmu agama, sehingga mereka berbisnis tanpa mengindahkan aturan agama. Akhirnya bisnis mereka banyak merugikan masyarakat bahkan bangsa dan negara.

5. Rasulullah saw menginformasikan bahwa 90% rezeki Allah ada pada perniagaan. Porsi ini harus diambil banyak oleh umat Islam untuk menuju kejayaan umat.

Pertemuan itu akan dilanjutkan dengan pertemuan berikuitnya, termasuk diadakannya pelatihan dan kerjasama lainnya. Semoga pertemuan itu mendapat keberkahan.